Selasa, 07 Mei 2013

10 tips membeli mobil bekas

Apakah sahabat sedang mencari mobil segera atau baru akan memulai pencarian? tapi sahabat masih bingung dengan berbagai masalah tertentu. Berikut ini 10 tips yang dapat membantu keuangan sahabat dalam menemukan mobil tepat.








Identifikasi “Dream Car”

Buat daftar mobil yang membuat Anda tertarik. Setelah itu pastikan melihat tahun, model mobil yang Anda suka, apakah sesuai dengan kebutuhan keluarga, dan lain sebagainya


Sesuaikan Anggaran

Cari tahu berapa kemampuan Anda dalam membeli mobil. Dengan harga BBM yang semakin tinggi, perhitungkan seberapa sering Anda akan memakai mobil tersebut. Jika Anda berencana akan melakukan “perombakan” pada mobil, buat rencana keperluan apa yang Anda perlukan. Hitung biaya mobil, suku bunga, dan estimasi BBM per bulan sebelum membuat keputusan akhir.


Lakukan Riset

Lakukan riset kecil mengenai harga potensi mobil tersebut di pasaran. Ini tidak hanya membantu Anda dalam melakukan penawaran, tapi juga jika ke depannya Anda berminat ingin menjual mobil itu kembali. Ingat, mobil bekas biasanya butuh perawatan yang lebih.


Cari Penjual

Anda bisa mencarinya di penjual swasta (dealer) atau individu. Pilihlah yang sesuai dengan klasifikasi Anda di atas.


Hati-hati Memeriksa & Test Drive

Periksa mobil dengan hati-hati. Seksama memeriksa eksterior dan interior kendaraan. Ketika berbicara dengan penjual, ajukan pertanyaan rinci seperti: Mengapa Anda menjual mobil ini, apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan, atau pernakah mobil ini mengalami masalah.

Jika Anda berurusan dengan dealer, minta ia menjelaskan dan minta laporan sejarah dan kekurangan mobil tersebut. Jika penjual tidak memiliki akses ke ini, jangan membeli mobil. Jangan lupa bawa mobil itu untuk test drive dengan jendela tertutup dan radio off untuk mendengarkan suara-suara aneh atau mencicit. Lalu, uji semua fiturnya.


Periksakan ke Mekanik

Minta kepada penjual agar membiarkan Anda memiliki mekanik pilihan Anda untuk memeriksa mobil dan menemukan masalah potensial. Jika penjual menolak, jangan beli mobil itu. Kebanyakan dealer mobil memiliki mekanik sendiri dan menjaminkan otomotif pada mereka. Pastikan mendapatkan garansi satu tahun jika Anda membeli mobil bekas dari dealer.


Negosiasikan Harga & Rencana Pembiayaan

Setelah menemukan mobil yang pas dengan kebutuhan, kini saatnya menegosiasikan harganya. Bersiaplah dengan riset yang sudah Anda lakukan dan bersikap tegaslah tentang berapa banyak Anda bisa membayar.


Pulang dengan Bahagia

Jika Anda membeli dari dealer, pastikan Anda memiliki info kontaknya untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan mobil Anda. Cek surat-surat kendaraan ke Samsat setempat.


















Sumber : www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar